Thursday 19 March 2009

You know Credit card ?

Untuk membeli sesuatu kini kita tidak perlu lagi membawa uang tunai banyak-banyak. Sebab, kini kita bisa membayarnya dengan hanya menggesek kartu kredit. Selain praktis, hal ini jug dianggap lebih aman saat bepergian karena kita tak perlu banyak membawa uang cash. Ditambah lagi, berbagai diskon menarik biasa ditawarkan oleh kartu kredit tertentu. Nah, multimanfaat bukan? Tapi, tahukah Anda ternyata kartu kredit sudah ada sejak tahun 1951?

Sebenarnya, sistem kredit sudah ada sejak tiga ribu tahun yang lalu di Assyria, Babilonia, dan Mesir. Kemudian wesel--sebagai awal adanya uang kertas--muncul sejak abad 14. Diikuti dengan munculnya uang kertas pada abad ke 17. Sistem pembayaran dengan kredit mulai diiklankan pertama kali oleh Christopher Thornton pada tahun 1730 dimana pembayaran mebel usahanya dapat dibayar mingguan.

Pada abad ke-18 sampai awal abad ke-20, ada orang yang menjual pakaian dengan dibayar secara cicil setiap minggunya. Orang tersebut disebut dengan “tallymen” karena menyimpan data perhitungannya di catatan pemukul kayu. Satu sisi untuk menandai jumlah utang dan di satu sisi untuk mencatat jumlah cicilan yang sudah dibayarkan.

Barulah pada tahun 1951 kartu kredit muncul untuk pertama kalinya. Sistem kredit dengan kartu ini dikeluarkan oleh Diners Club untuk 200 pelanggannya yang dapat digunakan di 27 restoran di New York, Amerika Serikat. Sejak saat itu, sistem ini makin berkembang. Salah satunya adalah dengan inovasi gesek dengan pita magnet. Untuk pita magnet ini, sebenarnya diawali dari penggunaan oleh London Transit Authority pada awal tahun 1960-an. Sistem yang dianggap lebih praktis ini kemudian diimplementasikan pada kartu-kartu kredit hingga saat ini, yang belakangan magnet ini kemudian digeser lagi oleh penggunaan chip yang lebih aman.

Begitulah, adanya inovasi kartu kredit membuat sistem ini menjadi alat pembayaran yang sering digunakan orang banyak untuk membayar sesuatu. Kita pun tidak perlu membawa uang tunai banyak-banyak sehingga faktor keamanan lebih terjaga. Selain itu, berbagai diskon dari kartu kredit dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan harga lebih murah saat membayar di tempat-tempat tertentu.

0 comments:

Penghasilan Online Saya


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Cars Picture. Powered by Blogger